Hai Dear, wellcome to my Blog

Senin, 28 Januari 2013

Kuatkan mentalmu, Tak perLu StrEsS Dan Hadapi dengan Senyuman



Oleh : NilMa Yola

Saat ini mahasiswa tingkat akhir tengah disibukkan dengan target kejar tayang skripsi dan segala tetek bengek yang ada. Mulai dari ujian Kompre, kalau tidak salah pengujian mata kuliah pra-syarat kelulusan, Munakasah atau ujian skripsi akhir. Bahkan banyak dari para mahasiswa rela begadang untuk mengulang kembali mata kuliah yang mau diujiankan kembali. Sudah stress, kesehatan juga berkurang. Yang menjadi permasalahan bukan ujiannya saya fikir, namun momok ketakutan mental dalam menjalani proses menuju keberhasilan itu yang lebih besar. Padahal, semua itu pasti akan dilewati juga jadi menurut saya persiapan paling bagus sebelum memulai menyentuh yang berbau skripsi adalah “persiapan mental yang matang”. Saya teringat dengan nasehat guru saya ketika masih di Madrasah Aliyah dahulu pra mengahadapi UN, Ibunda Lin memberikan pesan katanya “Ananda, jangan menanamkan rasa takut terlebih dahulu didalam diri akan ketakutan menghadapi ujian. Toh, meskipun ananda ketakutan ujian akan tetap berjalan juga, berapa kali coba ananda akan merugi ? Udah ujian kacau karena rasa takut yang berlebihan itu, ananda akan tetap menempuhnya juga kan. Pesan bunda, jalani semua dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, minta sama Allah agar diberikan ketenangan dalam menghadapinya, jika kita udah usaha, hasil akhir serahkan sama Allah. Seratakan senyum yang ikhlas selalu”.
Sebuah suntikan semangat yang luar biasa buat saya dan teman-teman kla itu mengahadapi ujian yang konon kata orang sangat menakutkan sekali, namun saya menyadari memang tidak cukup hanya sekedr motivasi itu saja yang penting, usaha dan niat dari diri pribadi memang yang utama. Bukan bermaksud mengajari atau menasehati, namun menurut saya mungkin dari penggalan kisah diatas dapat diambil pelajaran berharga bagi kita semua untuk menghadapi ujian. Ingat sebelum menghadapi apapun persiapkan mental yang bagus agar berani menghadapinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar