Mampir Yukkk... ^_^

Senin, 01 April 2013

Sejarah Lisan


1.      Jelaskan arti penting sejarah lisan dalam penulisan sejarah !
2.      Apa yang anda ketahui tentang perbedaan sejarah lisan dengan tradisi lisan ?
Jawab :
1.      Berangkat dari pengertian sejarah lisan itu sendiri yaikni : cerita atau sejarah yang disampaikan langsung oleh pelaku peristiwa yang terjadi. Dengan mengetahui sejarah lisan, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dalam melakukan penulisan sejarah.
Diantaranya :
a)      mengetahui informasi-informasi mengenai peristiwa di masa lalu, yang sebelumnya masih ditulis secara general atau umum.
b)      Dengan adanya sejarah lisan, maka kisah-kisah non tertulis yang terjadi di masa lalu menjadi terjaga hingga sampai kepada generasi berikutnya.
c)      Sejarah lisan memberikan sumbangsih terhadap perbendaharaan sejarah nasional, dan sumber-sumbernya itu didapat dari sejarah lisan yang ada.
d)     Dengan adanya sejarah lisan, kita bisa mengkaji suatu peristiwa sejarah yang terjadi secara lebih mendalam.
e)      Keberadaan sejarah lisan dapat menguak peristiwa sejarah yang selama ini di monopoli oleh kalangan tertentu, hingga dapat kita angkat ke khalayak kebenaran dari cerita sejarah yang terjadi sesuai dengan penelitian sejarah yang kita laksanakan.
f)       Dapat dijadikan hipotesa untuk melakukan penelitian sejarah.


Dari beberapa penjelasan manfaat atau arti penting keberadaan sejarah lisan dalam penulisan sejarah dapat kita simpulkan bahwa sejarah lisan merupakan salah satu unsure penting yang memberikan sumbangsih dalam penulisan sejarah yang dilakukan, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

2.      Perbedaan antara sejarah lisan dan tradisi lisan, yaitu :
a.       Sejarah lisan
è cerita atau sejarah yang disampaikan langsung oleh pelaku peristiwa yang terjadi. Kebenaran dari sejarah lisan lebih otentik dibandingkan tradisi lisan, karena didapatkan langsung dari sumber atau pelaku peristiwa sejarah.
b.      Tradisi lisan
Pertama perlulah kiranya diketahui dahulu tentang apa yang dimaksud dengan tradisi lisan (oral tradition). Yaitu berkaitan dengan usaha mengabadikan pengalaman-pengalaman kelompok di masa lampau melalui ceritera yang diteruskan secara turun temurun dari generasi kegenerasi. Tradisi lisan menyangkut pesan-pesan yang berupa pernyataan-pernyataan lisan yang diucapkan, dinyanyikan atau disampaikan lewat musik ( alat bunyi-bunyian). Kemudian yang perlu diperhatikan dari tradisi lisan ini selanjutnya adalah tradisi ini berasal dari generasi sebelumnya paling sedikit satu generasi sebelumnya.
Tradisi lisan juga sangat berkaitan erat dengan yang namanya Folklor.
Ada beberapa ciri folklor yang dirumuskan oleh Danandjaja yaitu :
a.       penyebaran dan pewarisannya dilakukan secara lisan dengan tutur kata mulut ke mulut.
b.      mempunyai sifat tradisional dalam penyebarannya artinya relatif tetap atau dalam bentuk standar dalam beberapa generasi.
c.       terjadi banyak variasi atau versi-versi tertentu sebagai hasil proses interpolasi yang diakibatkan oleh cara penyebaran secara tutur kata, meskipun variasi itu sering hanya bentu luarnya saja bukan apada inti ceritanya.
d.       bersifat anonim (nama pencipta tak jelas).
e.       digunakan sejumlah kata-kata klise baik untuk kata-kata pembukaan atau penutupnya.
f.       punya fungsi yang penting dalam kehidupan kolektivitas yang memilikinya.
g.      punya logika yang sering disebut prologis yang memang berbeda dengan logika umum
h.      merupakan milik bersama suatu kolektivitas
i.        merupakan proyeksi emosi manusia yang paling jujur manifestasinya.
Jadi, perbedaan mendasar antara tradisi lisan dan sejarah lisan adalah :
Kalau ceritanya disampaikan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi dinamakan dengan tradisi lisan. Namun, apabila cerita atau peristiwa itu disampaikan langsung oleh pelaku sejarah atau saksi sejarah maka itu dinamakan dengan sejarah lisan. Contoh : cerita yang disampaikan langsung oleh orang tua kita tentang masa lalunya dikategorikan sebagai sejarah lisan, namun cerita yang disampaikan oleh orang tua kita tentang kehebatan dalam peperangan yang dilakukan oleh nenek-kakek kita itu dinamakan dengan tradisi lisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar