Hai Dear, wellcome to my Blog

Senin, 24 Agustus 2020

Persandingan Tiga Budaya, dalam Satu Lokasi

           Kalau terdengar kata "Korea", yang terbayang oleh kita adalah penampilan "oppa" ganteng nan menawan. Baik itu dalam drama ataupun music populer yang digandrungi oleh generasi muda saat ini. Bagi penikmat drama Korea, tentu ada kalanya kita punya keinginan untuk bisa berkunjung ke negara tersebut. Bisa saja dengan mempersiapkan tabungan yang lebih, agar bisa berada langsung di negara "kimchi".

          Namun, sekarang untuk melepaskan rindu kita tak perlu langsung terbang kesana, di negara kita sudah ada tempat wisata yang dibuat menyerupai suasana di Korea. Salah satunya di Harau yang sudah dikenal dari dulu sebagai lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh pelancong.

      Berdampingan dengan miniatur perkampungan Korea, juga ada destinasi Kampung Jepang. DIsini untuk masuk ke spot tersebut dikenakan biaya tersendiri pada masing-masing pengunjung. Jadi, sekali kunjungan kita bisa menikmati 3 spot wisata yang tersedia, yakni Rumah Gadang sarosah, Kampung Korea, juga nuansa perkampungan Jepang.


gb. google

        Disini kita juga bisa memakai pakaian adat Korea, ada petugas khusus yang menyewakan kepada pengunjug pakaian tersebut. Lengkap sudah, kita bisa berfoto ala- ala Korea memakai pakaian Korea asli.

           Namun, disisi lain penulis juga sangat menyayangkan, kehadiran destinasi wisata baru ini dapat mengurangi minat generasi muda dan masyarakat umum, akan ketertarikan pada kearifan lokal. Alangkah baiknya jika pembangunan destinasi wisata kampung Korea-Jepang ini juga diimbangi dengan penambahan destinasi kearifan lokal minangkabau, seperti pertunjukan tari-tarian, diadakan di tengah lapngan, yang akan memotivasi generasi muda untuk kembali mengembangkan kearifan lokal budaya setempat.

2 komentar: